Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan

Buah Delima - Khasiat dan Manfaat Buah yang satu ini masih belum banyak diketahui oleh masyarakat umum di indonesia, dikerenakan buah delima di Negara kita kurang budidaya-nya juga kurang populer. tidak seperti jenis buah-buahan lain yang di budidaya-kan secara besar-besaran,  seperti Buah mangga, jeruk, rambutan dan banyak lagi. Untuk buah delima sendiri banyak yang di impor dari luar negeri, padahal buah ini jika di kembangkan di indonesia amat memiliki potensi yang cukup besar dari segi ekonomis-nya.


Buah Delima (punica granatum)

Manfaat dari buah delima untuk kesehatan mungkin kurang didengar  di negara kita. Meskipun tanaman delima yang di duga berasal dari negeri Persia yang kini disebut Iran, Buah Delima ini memiliki sangat banyak khasiat bagi kesehatan manusia dan mampu mencegah serta menekan perkembangan berbagai macam jenis penyakit. walaupun pada mulanya buah delima ini memiliki asal-usul dari negara Iran,  nyatanya si delima telah lama di budidaya-kan dan dikembangbiak-kan di hampir kesemua daerah Mediterania.

Buah delima yang kaya akan manfaat bagi kesehatan ini memiliki sebutan ilmiah punica granatum, pohon dari tanaman ini berbatang keras, dan bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 5 hingga 8 meter. Sebenarnya Buah delima itu juga mampu tumbuh subur di daerah tropis seperti negara kita, dengan tekstur tanah yang gembur, remah dan tidak terlalu berair.

 Ciri-Ciri Umum Buah Delima

Buah delima Kaya antioksidan


Buah Delima memiliki ciri-ciri atau bentuk buah bulat dengan memiliki ukuran berdiameter diantara 5-12 cm, dengan memiliki warna kulit buah yang beragam mulai dari warna kulit buah kuning,  Kulit ungu luar dan bagian dalam, kulit coklat kemerahan dan pada bagian bulirnya yang di dalam. Buah delima ini sangat didominasi oleh keberadaan, banyaknya biji-biji atau bulir yang sangat banyak. tanaman delima ini berbanyak dengan sistem cangkok atau juga dengan okulasi tempel tunas mata. Buah Delima memiliki rasa agak asam karena tingginya kandungan vitamin C, bulir-bulir bisa langsung dimakan atau di Olah dulu menjadi jus juga jadi campuran makanan lainnya.

Nutrisi Pada Buah Delima Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Buah delima dan Manfaatnya bagi kesehatan manusia tak lepas dari banyaknya kandungan nutrisi-nutrisi penting yang terkandung di dalamnya. Walaupun Buah ini Kurang di konsumsi kebanyakan masyarakat, Namun kita tidak semudah itu untuk menganggap remeh tentang khasiat dan kandungan nutrisi dari buah delima ini, perlu dipertimbangkan ulang untuk kita konsumsi buah ini.

Seperti pada kebanyakan jenis buah-buahan yang lainnya, Buah delima juga mengandung cukup tinggi sejumlah vitamin antara lain vitamin  A, vitamin C, dan vitamin  E, Bukan hanya sekedar kandungan Vitamin yang dimiliki buaha deliama ini, Senyawa-senyawa lain juga terdapat didalam buah delima antara lain mineral-mineral dan kalsium yang sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan menjaga tulang agar tetap sehat tidak mudah keropos (osteoporosis).

Buah Delima juga sangat kaya kandungan serat dan memiliki zat antioksidan yang tentunya sangat baik juga untuk mencegah serangan radikal bebas. Selain dari itu buah delima juga  memiliki kandungan karbohidrat, protein serta sedikit lemak. pada biji Buah delima juga terdapat  adanya kandungan polifenol yang cukup banyak.

Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan Tubuh

Dengan berbagai jenis kandungan vitamin dan mineral serta antioksidan yang terkandung pada buah delima, maka sudah bisa ditebak akan banyak sekali khasiat dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. manfaat buah delima akan sangat terasa jika anda konsumsi dengan cukup dan secara rutin.  Buha delima sangat manfaatnya untuk penderita penyakit anemia karena delima cukup banyak mengadung zat besi ( Fe ) yang tentunya sangat berguna untuk membantu tubuh,dalam hal proses produksi hemoglobin sel darah merah.

Kandungan antioksidan alami cukup tinggi pada buah delima yang juga sangat bermanfaat membantu sistem imun atau antibody dalam memerangi dan menghalau segala macam radikal bebas,  yang sebenarnya radikal bebas adalah fasilitas bagi jenis penyakit yang hendak akan menguasai tubuh kita.

Jus buah delima juga sangat-Sangat cocok sekali jika dikonsumsi oleh anak-anak, karena dalam buah ini mengandung cukup tinggi kalsium, yang kalsium itu sangatlah baik untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang. Juga akan Kandungan vitamin A (vitamin yang baik untuk mata agar menjadi sehat) vitamin C  sangat bagus meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh, Vitamin E  penting untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Ilustrasi: Jus Buah Delima

Tidak disangka bukan? bahwa buah yang kurang populer ini, sebenarnya punya cukup banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. yang nyatanya memiliki juga berbagai manfaat dan khasiat tidak kalah dari buah-buah populer seperti buah apel,jeruk, anggur DLL.  Untuk mendapat khasiat dan manfaat yang sebenarnya dari buah delima secara maksimal, konsumsi buah delima dalam bentuk jus sangat disarankan, karena dalam biji buah delima terdapat kandungan zat polifenol yang cukup banyak.

Semoga artikel "Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan" ini Membawa Manfaat Juga Buat Anda. SALAM

Posting Komentar