Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan

Tumbuhan Kurma memiliki sebutan ilmiah Phoenix dactylifera, Kurma masih kerabat dengan Arecaceae atau Palmaceae dan tumbuhan asli Afrika Utara, panen buah kurma pada periode antara Agustus dan September. Jika Di Indonesia tanaman kurma ini hanya di manfaatkan sebagai tanaman hias, sementara di bagian lain dari dunia seperti di beberapa wilayah di Amerika Serikat dan Jazirah Arab, Buah kurma telah dibudidayakan untuk Kebutuhan bahan makanan.


Pohon Kurma

Kurma adalah pohon palem yang sangat tinggi, tanaman ini dapat mencapai 30 meter tingginya dan menghasilkan hingga 30 -50 Kg Kurma/ tahun, berkat kandungan gula alami yang tinggi , Maka buah Kurma adalah makanan pokok bagi banyak populasi, Saudi dan Afrika  utara . Untuk meningkatkan konsentrasi gula alami dan waktu penyimpanan yang lama, mayoritas buah Kurma akan dikeringkan di bawah terik sinar matahari, sehingga buah ini memiliki ketersediaan sepanjang tahun.

Kandungan Yang Bermanfaat Pada Buah Kurma

Buah kurma kering adalah terdiri dari senyawa air 20.50%, sebesar 63% dari gula alami, serat 8%, protein, abu, dan persentase yang sangat kecil dari lemak, antara mineral yang terkandung pada buah kurma kering antara lain kalium, yang hadir dalam dosis cukup, magnesium, fosfor, selenium, kalsium, natrium. Ada juga sebagian kecil dari seng, mangan tembaga, dan zat besi.

Vitamin juga hadir dalam Kurma antara lain: vitamin A, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, vitamin K dan J. Dalam dosis yang sangat kecil adalah kandungan vitamin C dan vitamin E. Gula alami hadir dalam Kurma termasuk sebagai dekstrosa, fruktosa, maltosa, dan sukrosa.

Adapun asam amino adalah yang paling banyak terdapat dalam buah kurma, yaitu: asam aspartat, asam glutamat, arginin, alanin, glisin, leusin, lisin, serin, dan valin.

Khasiat Dan Manfaat Kurma Untuk Pengobatan

Buah kurma, menurut hasil penelitian dan tradisi adalah anti-inflamasi, sifat obat yang diekspresikan terutama pada sistem pernapasan, imbalan tersebut diperoleh dengan merebus 3 ons buah Kurma dalam setengah liter air selama beberapa menit, kemudian memberikan rasa manis dengan madu asli sebelum diminum.

Jika dimakan segar, Buah Kurma, merupakan makanan yang sangat tinggi energi dan mengisi garam-garam mineral dalam tubuh kita, karena itu kurma sangat dianjurkan untuk para atlet, anak-anak dan bagi mereka dengan gaya hidup yang aktif secara umum.

Kurma sangat kaya potasium, kandungan ini lebih banyak dari buah pisang, dan untuk alasan ini kurma sangat membantu, untuk menyeimbangkan tingkat cairan dalam tubuh dan di sebagian besar berkontribusi untuk Menjaga fungsi sistem kardiovaskular, kehadiran fosfor adalah sangat baik untuk fungsi otak. Di antara sifat-sifat lainnya dari Kurma juga bermanfaat untuk masalah jerawat remaja yang khas dan masalah usus.

Perbedaan Antara Kurma Kering dan Kurma Segar

Buah Kurma Segar

Kurma jika di konsumsi dalam bentuk Segar,  tidak diragukan lagi salah satu dari bentuk makanan yang sehat lagi menyehatkan, karena kurma segar memiliki lebih sedikit kalori jika dibandingkan dengan kurma kering. Buah kurma segar juga sangat kaya akan vitamin dan memiliki jumlah utuh, itulah sebabnya kurma dapat dimakan sepanjang tahun di jeda yang sama dalam buah normal.

Buah Kurma Kering

Buah kurma kering memiliki bentuk dan warna cenderung gelap dan kulit keriput, itu terjadi karena buah kering dilapisi dengan gula alami yang sangat banyak, tentunya kalori  dari kurma kering adalah lebih banyak, jika dibandingkan dengan kurma segar, biasanya juga kualitas dari kurma kering ini adalah lebih rendah.

Jumlah Kalori Pada Buah Kurma

kalori yang disediakan oleh 100 gram kurma kering adalah 282, sedangkan untuk Kurma segar adalah lebih sedikit, yaitu 142 kalori per 100 gram.

Posting Komentar